Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 11 Februari 2014

BAB I dan BAB II Sudah di Tangan Pembimbing Utama

   Hayo ini sudah hitungan mundur keberapa ato hitungan maju ke berapa? waktu tu emang cepet banget berlalu. Hahaha. dan aku juga udah move on dari putus cintaku. (apa hubungannya coba proposal sama pacaran).
   Aku sering kemakan omongan, dan gak konsisten. Jadi sekarang aku harus konsisten. :) Aku gak mau bilang ya, aku gak mau bilang gak. aku mau jalanin aja,,,  dan melakukan hal yg ngebuat aku bahagia tanpa harus nyakitin orang lain.
 

Sabtu, 01 Februari 2014

di tengah-tengah kebosanan dari segala hal..
aku mencoret kertas putihku,
tidak indah,,
tapi mengindahkan mata dan hatiku :)

Rabu, 22 Januari 2014

MENUJU CAHAYA 1

     Maunya sih hitung mundur tapi takut. Terus rencananya hitung maju, tapi bingung. Gimana dong?!?! jelas ini hari ke berapa ya?!?!? Intinya aku ngerasa mau menuju cahaya dalam waktu dekat tapi buat ngelaluinnya . beuh banget. Bakal ada beberapa tantangan tapi harus dilalui soalnya itu jalan satusatunya.
Apa sih yang aku omongin?! aku ngomongin Tugas Akhirku jadi mahasiswa. sumpah lebih enak nulis curhatan daripada nulis T.A. apa aku gak cocok jadi mahasiswa ya?! Ya ampun aku udah semester 5 akhir.

   Mau itung maju atau mundur, yang jelas anggep aja ini hari pertama. kenapa hari pertama? anggep aja ini hari pertama kalo aku tau mereka bertiga adalah pengujikuuuu dan pembimbingku, aku nomor 27 NIM P07124011028 :)
Sumpah aku takut banget.
mari kita cicil dulu dan rencanakan kegiatan besok di note. Semoga besok bisa lebih baik
good night:)

dan makasi Tuhan. Lindungi tidurku okay?





Senin, 30 Desember 2013

APAKAH KESEHATAN REPRODUKSI TIDAK PERLU DI BAHAS DALAM SETIAP EDUKASI REMAJA?


    Apa sih itu kesehatan reproduksi? kembali dilihat kata pertama dari gabungan kata tersebut. Kesehatan merupakan hal yang penting bagi semua orang. Sehat merupakan suatu kondisi yang sempurna baik dari segi fisik, mental, dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Begitu kata WHO :). Sedangkan .. reproduksi berkaitan dengan organ tubuh yang dapat menghasilkan keturunan. Nahhhh... Kesehatan Reproduksi itu tidak hanya penting untuk wanita tapi pria juga. Masalahnya apa sih di kesehatan reproduksi. Masalahnya apa yaa? Kesiapan seorang remajaa mengenai penerimaan edukasi tentang kesehatan reproduksi itu gimana pada zaman ini? berat banget bahasanya ya? intinya sekarang sebenernya remaja perlu dan siap gak sih menerima pendidikan kesehatan reproduksi? kesehatan reproduksi itu ujung tombak loo, kalo itu aja rusak,, rusaklah generasi berikutnya. Maka dari itulah kesehatan reproduksi menjadi penting. Begini bayangan ceritanya. Jaman sekarang siapa yang gak kenal sama hubungan seksual pra nikah?. Artinya mereka melakukan hubungan seksual tanpa disertai ikatan dari hukum yang mengikat. Hubungan seksual yang dilakukan dapat memicu kehamilan, meningkatkan kejadian infeksi menular seksual, bahkan penularan HIV loo. bayangkan! dari hal kecil bisa jadi besar karena biasa dikecil-kecilkan. Coba di buka wawasan ya.. kepalanya di asah dulu biar kayak pisau. Katakan Berpikirlah sebelum melakukan sesuatu.
    Pertama, dari hubungan seksual timbulah kehamilan. Nah lo? kok bisa hamil? Karena pada prinsipnya kehamilan akan terjadi apabila seorang perempuan yang sedang dalam masa subur melakukan hubungan seksual dengan pria. Dalam air mani pria mengandung sel sperma yang dapat meluncur menuju sel telur seorang wanita yang dalam masa subur. Hubungan seksual yang dilakukan tanpa ada hubungan yang mengikat diikuti usia yang masih dini (remaja) mengakibatkan/ menimbulkan kehamilan tidak diinginkan. Syukur-syukur prianya mau mengakui dan bertanggung jawab. Umumnya pada masa remaja adalah masa coba-coba dan seorang remaja belum siap menjadi seorang ayah. Timbulah pikiran untuk mengaborsi tanpa diketahui oleh siapapun. Timbulah abortus  yang dapat mengakibatkan infeksi, perdarahan, dan komplikasi lainnya. Benda asing yang tidak mau keluar dari rahim akan dapat menginfeksi organ reproduksi atau rahim. Sehingga,, ya terpaksa melakukan pengerukan rahim atau disebut kuretase. Abortus yang berulang kali dapat mengakibatkan penurunan kesuburan karena terlalu sering kuretase. Nah kalo remaja udah sering di kuretase. Terussss-terusan dikuretase? bisa aja dong dinding rahim semakin tipis. Kemandulan akan terjadi apabila hasil pembuahan menempel pada dinding rahim yang tipis.  Amannya jangan melakukan hubungan seksual sebelum menikah dan jaga organ reproduksimu. terutama ini untuk perempuan.
    Kedua, Kenapa bisa infeksi menular seksual sih kak? nahhhh, kalo kalian melakukan hubungan seksual dengan orang apalagi sampe berganti-ganti.. jelaslahh bisa meningkatkan kemungkinan infeksi menular seksual. looo. kok bisa? ya bisa dongg... Sekarang pikirkan. kamu melakukan hubungan seksual dengan seseorang lawan jenis tanpa hubungan mengikat. Siapa yang berani jamin dia melakukan hubngan seksual dengan orang lain? siapa yang berani menuntut jika nanti benar ia melakukan hubungan seksual dengan orang lain tanpa sepengetahuanmu. Kan tidak ada yang mengikat. Nah kalo dia melakukan hubungan seksual dengan orang yang tidak memiliki virus. kalo pasangan selingkuhannya punya virus, tertularlah dirimu dengan virus itu. masa alat kelamin mau di bagi-bagi. Ayo pikirkann, jangan sampe hal kecil menjadi besar.
    Ketiga, KOk bisa HIV? ya karena salah satu cara penularan HIV dengan hubungan seksual. tau nggak kenapa HIV itu bahaya. HIV bahaya karena mereka bukan virus yang biasa, HIV punya cara sendiri untuk bereplikasi. ia selalu salah melakukan replikasi sehingga virus hasil replikasi selalu berbeda dengan virus aslinya. hal ini yang membuat imun kita sulit mengenali dan selalu kalah. begitu mudahnya mereka menyerang. HIV yang parah dapat menyebabkan penurunan sistem imun yang drastis sehingga tubuh tidak memiliki sistem perlindungan. Segala macam penyakit dapat menyerang sehingga orang dengan HIV dengan mudahnya menjadi AIDS. AIDS dapat menyebabkan kematian karena HIV menggrogoti tubuh kita.
    Begitulah perjalanan dari hal sepele menjadi hal luar biasa. masih berpikir bahwa itu merupakan hal yang tabu. Jangan memberikan informasi mengenai kesehatan reproduksi kepada remaja? Lalu siapa yang kita berikan informasi mengenai edukasi kesehatan reproduksi? Dari awal kita tumbuhkan benih. berikan ilmu pengetahuan/ edukasi bahwa kegiatan melakukan hubungan seksual di luar nikah merupakan hal yang berbahaya dan merugikan diri sendiri serta orang lain apalagi orang tua.

    Kenalkan mereka dengan edukasi maka mereka akan tahu dan usahakan mereka mau menghindari. Dengan tahu mereka mengerti. Ajarkan kepada mereka kaum remaja penerus bangsa yang akan memajukan bangsa agar stop dengan hubungan seksual pranikah. Rangkul mereka, lindungi mereka. Jangan biarkan mereka tidak tahu dan membiarkan mereka melakukan apapun yang mereka inginkan. Hal yang mereka inginkan belum tentu mereka butuhkan. Mereka perlu dibimbing bukan dibiarkan.
have a nice day guys..

Diari

GARA-GARA LAGU


   Sekarang tanggal 30 Desember 2013 aku bener-bener ngerasa gak tau harus gimana lagi. Aku putusin buat nulis. Udah lama banget gak nulis. Selama ini cuma bisa nangis. Aku gak tau kenapa hidupku sedih sekali dan berusaha selalu keliatan bahagia. Sedihku gak bisa aku deskripsiin semuanya tapi bener-bener komplikasi kayak komplikasi yang dialamin sama orang dengan diabetes mellitus (sumpah alay)
   Aku duduk di rumah warga wilayah gianyar yang gak usah disebutin nama desanya. Aku tinggal disini bareng sama temen-temen kampus buat ngikutin tugas perkuliahan. Sebut saja PKL . Yup!! Praktik Kerja Lapangan. Bukan itu yang buat aku sedih. OK. Aku duduk terpaku menatap wajahku yang tampak di layar laptop. Kok bisa keliatan?!. Ya iyalah. Laptopnya udah shut down. Aku ambil smartphoneku yang sudah mulai stres kayak yang punya handphonenya (--"). Jemari tanganku menyentuh layar handphone dan mengarah ke aplikasi pemutar musik. Aku mencari-cari lagu yang bisa menyejukkan hati dan membuat bersemangat. Tak sengaja jemariku menyentuh lagu naff yang berjudul tak butuh jawaban. Lagu mulai bersenandung dan aku mulai terhanyut di dalamnya. Aku sangat mudah disugesti, jadi rawan dan paling cepet kena hipnotis. Sebenernya aku butuh perlindungan seengaknya teman pria yang bisa diajak bercerita dan mampu melindungiku. (iyahh jadi curhat pribadi gini bok).
    Aku resapi lagu itu dan semua liriknya menuju ke arahku. Menyerupai kondisiku dan semuanya mulai berputar di kepalaku. Kisah percintaan yang udah lama aku lalui bersama .. yaa, dia yang masih aku sayang sebenernya.

Aku takkan bisa memberikan lagi
Hati yang t'lah kau lukai
Perihnya kau tancap duri dalam setiaku

    Aku inget banget dia minta balikan setelah minta putus dengan alesan yang aku gak ngerti kenapa. Entah aku yang bodoh atau bagaimana. Udah pasti karena aku yang bodoh sampe gak ngerti kode yang dia kasik selama ini. Yang aku tau, aku sayang sama dia, dan aku sedang menunggu dia pulang dari studynya. DI BANDUNG. Yang aku perlu cuma komunikasi. Tapi gak tau dari sisinya dia, mungkin dia ngerasa kesel harus selalu komunikasi ke aku. Aku mutusin untuk memberikan kesempatan kedua.

Mudahnya ingin kembali
Bangkitkan kisah yang mati
Tak mudah aku lewati
Tak mudah aku obati sendiri

    Gak mudah buat aku lewatin semuanya setelah semuanya berjalan lama. Aku bener-bener sedih dan berusaha keliatan bahagia. Coba aja pikir, sedih tapi harus keliatan bahagia. Serius nyiksa banget. Aku kasik kesempatan buat diriku sendiri menangis dipojokan asrama ataupun di tempat tertutup. moment itu aku luangin kalo perasaanku udah gak bisa nahan semuanya. Air mataku ngalir dengan sendirinya. Sedih banget rasanya, aku jauh dari dia. Aku gak punya temen satupun yang bisa aku tanyain tentang keberadaannya dia kalo dia gak hubungin aku sama sekali dalam satu hari. Aku berusaha jadi yang terbaik buat dia dan bahagiain dia.

    Aku berusaha searching rayuan gombal buat menghidupkan suasana hubungan kita yang udah gak bagus selama setahun karena putus. Saat itu, hubungan ku sudah hampir 4 tahun. Untungnya di kampus ada Wifi, jadi gak berat diongkos (hahahaahaha :') ). Aku berusaha rayu dia, buat dia ketawa. Disetiap kesempatan aku berusaha dateng ke rumahnya. Aku bener-bener berusaha dan gak mau buang-buang waktu saat dia lagi ada di Bali.

Patah hatiku tak butuh jawaban
Hanya butuh untuk kau dengar
Biarlah luka ini jadi cerita masa lalu kita

    Disela-sela kesibukan aku sadar kalo aku jarang banget di telfon. aku liat log di smartphoneku. dia nelfon sebulan lalu dan aku cuma bisa berdoa seengaknya kebesit dalam pikirannya buat nelfn aku, :''. aku coba buat nelfon dia duluan tapi gak di angkat. Aku berusaha posting. Padahal rasanya udah sedih banget :""

    Akhirnya, ak ngerasa semuanya harus berakhir dari sikap yang udah dia tunjukkin. kalo dia beneran sayang, dia bakal nyari aku lagi. Tapi tetep aja aku bener-bener sedih sama keputusan yang udah aku ambil dan kata-kata balesannya dia.
   Lagu tak butuh jawaban masih mengalun berulang-ulang hingga air matakku menetes. Lama aku larut dalam sebuah lagu tersebut dan akhirnya nenek pemilik rumah yang aku tinggali datang dan marah melihat air mataku keluar. Nenek mengira aku sedang sakit {ya nek aku sakit hati. Serius hiks:''''( }. Aku memeluk nenek karena aku terngat ibu dan nenekku di rumah. Aku bener-bener ngerasa pengen pulang. Nenek memijat kepalaku dan mengira aku demam (gak nyambung serius).  Kedua temanku tiba-tiba datang dan melucon. Aku selalu lupa bahwa mereka selalu ada untukku. Dan aku selalu merasa tetap sendiri walaupun mereka selalu ada saat aku sedih. Mereka teman yang marah ketika aku salah, tertawa ketika aku tertawa dan menghibur ketika aku sedih.
     Nenek lebih marah lagi ketika aku melepas pelukanku dan mengambil laptop. Nenek menatapku sambil berkata "KAMU, NGEHIDUPIN LAGU SEDIH! gimanain ga mau nangis. MATIIN lagunya!!! Hidupin lagu yang gembira dong...". aku tertawa dan langsung mengganti lagu. Ini cuma gara-gara lagu aku jadi nangis begini. Biasanya aku sanggup nahan sedihku karena susana yang ramai dan mereka yang selalu ada buat aku.
    Akhirnya aku pergi dari rumah buat ngisi perut walaupun ga laper. MAunya ngapus semua lagu sedih di HP. Tapi buat ngehapus semuanya kan harus ngeliat judulnya juga. Mending lempar HP
 -____-" huaduhhhh

Jumat, 27 Desember 2013


MEMANDIKAN BAYI BARU LAHIR 

Haloo...
salam semangat bagi ibu-ibu yang merencanakan kehamilan, sedang menanti persalinan atau ibu yang baru saja melahirkan beberapa hari yang lalu. Bagaimana kabar hari ini? semoga saja dalam kondisi sehat sejahtera serta bahagia yaa... nahhhhh... Bagaimana rasanya menjadi seorang ibu? pasti sangat menyenangkan dan ada dukanya juga,,, hal tersebut di nikmati saja sebagai perjalanan hidup yaaa  ibu-ibu cantikkk,, salah satu cara menikmati situasi ini adalah salah satunya mengetahui cara membuatnya menjadi nikmat :) hahahaha,, nah looo, gak nyambung dan ngarul ngidul. OK. LANJUT!. Setelah saya lihat-lihat dilapangan saat saya praktik,, banyak sekali niii ibu-ibu yang gak berani mandiin bayinya yang baru lahir walaupun sudah punya anak pertama atau bahkan sudah punya anak dua. memang menakutkan ya ibu karena gerakan si bayi yang terlalu aktif dan ibu yang takut saat memegang bayi apalagi tali pusarnya yang belum pupus.
Ayooo, tumbuhkan rasa percaya diri ibu. Ibu bisa hamil, bisa melahirkan, menyusui, memandikan bayi juga harus bisa dong, apalagi yang baru lahir.. simak ya penjelasaan dari saya... :)

A.    Manfaat Memandikan Bayi
gambar 1. bayi
Memandikan bayi merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan secara benar oleh orang tua untuk menjaga kebersihan tubuh bayi. Adapun manfaat dari memandikan bayi yaitu:
1.      Menjaga kebersihan kulit dan tubuh bayi
2.      Kesempatan untuk mengobservasi keadaan kulit bayi
3.      Memberikan kesempatan untuk mempererat hubungan antara ibu/ayah dengan bayi.
4.      Kesempatan memberikan stimulasi dini pertumbuhan dan perkembangan bayi
5.      Memberikan rasa nyaman kepada bayi karena dekat dengan orang tua

B.  Langkah-Langkah Memandikan Bayi
1.      Menyiapkan alat dan bahan, meliputi:
Gambar 2. perlengkapan memandikan bayi
a.       Pakaian bayi lengkap (selimut tebal dan tipis, topi, baju bayi, popok, sarung tangan dan sarung kaki))
b.      Kapas air hangat
c.       Gaas
d.      Air hangat dengan suhu 380C
e.       Perangkat mandi (minyak telon, sabun bayi, shampoo bayi, sisir bayi dan handuk tebal untuk besar)
f.       Bak mandi bayi
2.   Menyiapkan Lingkungan
a.       Ruangan hangat
b.      Tempat tidur bayi bersih dan aman
c.       Bayi Posisi membujur
3.   Pelaksanaan
a.       Mencuci tangan
b.   Mengambil posisi di depan bayi
c.   Melepas pakaian bayi
d.   Membersihkan mata bayi dengan kapas air hangat dari dalam ke luar
gambar 3. membersihkan mata bayi
e.   Membersihkan daerah pantat dari tinja agar air tetap bersih
f.    Membersihkan kelamin bayi (jika laki-laki bersihkan alat kelamin dengan hati-hati menggunakan kapas cebok, jika perempuan mula-mula bersihkan bibir kemaluan bagian luar kemudian bibir kemaluan bagian dalam setelah itu bersihkan dari depan ke belakang.) tujuannya adalah untuk mencegah kotoran pada lubang patat mengotori bagian alat kelamin.
g.   Memijat badan bayi dengan minyak kelapa.
gambar 4. cara memegang bayi yang benar 
h.   Menyabuni bayi dimulai dari leher, dada, perut. Bagian tali pusat disabun dengan arah dari luka ke arah pangkal tali pusat, dilanjutkan bagian kaki dan paling akhir adalah kepala dan tangan
i.    Membilas bayi dengan cara
      Posisi bayi dipegang oleh tangan kiri. lengan kiri menyangga kepala bayi dan jari dari tangan kiri kecuali ibu jari mengapit pada ketiak bayi dan ibu jari berada pada bahu bayi. Tangan kanan memegang bokong bayi.
j.    Bilas dari wajah bayi kemudian masukkan jari kaki secara perlahan ke dalam air di bak bayi diikuti dengan bokong, dan punggung. Bilas mulai dari tangan kemudian kepala, daerah leher, dada, perut, tali pusat, paha dan kaki bayi.
gambar 5. posisi membersihkan bagian belakang bayi
k.   Ubah posisi bayi ke posisi telungkup yaitu dada bayi diatas lengan kanan ibu. Bersihkan bagian leher belakang, tengkuk, punggung, bokong, dan pantat. Setelah itu kembalikan posisi seperti semula di tangan kiri ibu.
l.    Bayi diangkat dan diletakkan di atas handuk, kemudian bayi dikeringkan dari kepala, leher, dada, perut, paha, punggung dengan teliti
l.    Merawat tali pusat, dikeringkan dengan kasa steril
m.  Mengenakan pakaian lengkap pada bayi. Mula-mula topi, popok, baju dalam, mantel bayi dan selimut
n.   Membersihkan alat dan lingkungan
o.   Mencuci tangan

C.  Kondisi Bayi yang diperbolehkan Mandi
Semua bayi yang berumur lebih dari 6 jam boleh mandi dengan keadaan sehat dan stabil yang meliputi:
1.      Berat Badan lebih dari 2500 gram
2.      Suhu lebih dari 36,50C dan kurang dari 37,50C
3.      Bayi lahir tidak kurang bulan
4.      Dalam kondisi tidak lemah
Apabila bayi tidak memenuhi salah satu syarat di atas, tunda untuk memandikan bayi. Mencuci rambut bayi tidak perlu 2 kali sehari. Lakukan seperlunya untuk mencegah bayi mengalami kedinginan.

Beranilah untuk menyentuh tali pusat bayi saat memandikan. Menyentuh tali pusat bayi tidak akan menyakiti bayi. semangat ibu,, selamat :)